Langsung ke konten utama

How is my sanlat?

Assalamualaikum semuaaaaa...

Yeay akhirnya ada waktu untuk ngepos dan bagi-bagi pengalaman ane yang tidak seberapa ini. 

Nah untuk kali ini, ane bakalan sharing tentang ane yang menjadi partisipan pesantren kilat ramadhan selama tiga tahun berturut-turut. Penasarankah? Engga ya? Yaudah din gajadi. Wkwk canda.  

Oke, mari kita mulai!

TAHUN PERTAMA. 

Baiklah, di tahun pertama ane diposisikan sebagai peserta dikarenakan pada saat itu, ane mah masih siswa kelas satu alias junior paling bontot yang saat itu baru kena mos empat hari pas bulan puasa seminggu sebelum acara sanlat nya berlangsung. Dalem ati mikir sih, ya ampun kok kakak-kakak ini sanggup banget nyanlatin kami lagi padahal kami nya aja kemarin baru selesai mos. Awalnya sih mikir nya gitu ya, tapi lama kelamaan ane udah nemu jawabnya kenapa kami semua pada digituin. Ya itu yang pertama, bikin kami jauh lebih mandiri, yaitu kami dapat nyelesain sesuatu tanpa ada batuan dari orang tua, alias cuma ada diri sendiri yang ngurus diri kita.

Terus juga nih kan, kami juga diajarin bagaimana bisa menghargai waktu alias disiplin waktu. Banyak lagi deh pokonya. Enaknya sih jadi peserta itu apa-apa tinggal terima bersih, engga ada beban gitu. Misalnya makan malam, buat sahur atau berbuka pun udah disiapin sama panitia. Itu sih enaknya. Kalau paitnya, kita sering banget dibentakin instruktur. Jadi buat mereka-mereka yang jarang dibentakin nih, pasti bakalan kaget mental kalau dikerasin. Kita juga dipress habis-habisan, yaitu kita bakalan stay awake sampai pukul 1 atau 2, baru habis itu kita dibangunin jam-jam 3 atau 4 buat tahajjud.

Hidup yang keras? Wkwk.. paling engga enak pas jalan ke aula buat shalatanya dari forum tidur, sama pas wudhu. Dingiiiiiin pake banget banget banget. Mana wudhu nya ngantri lagi sama santri yang lain. Bayangkan adek lah bayangkan-_- nah selain itu, yang engga enak kalau udah ada urusan makanan, kita dapetnya dikit-dikit bangeeet. Apalagi minuman, taulah kan abang setelannya kalo minum pas buka cemana -_- Tapi emang jadi peserta lah yang hidupnya paling enak.

Momen paling berkesan yag aku rasain selama menjadi peserta adalah aku inget banget satu malam kita ada disuruh tahajjud. Kita balik ke forum tidur sekitar jam setengah 12, dan dibangunin lagi untuk tahajjud itu sekitar jam tiga subuh. Ya Allah tidurnya masih bentar banget dah wkwk. Kita sholat di satu aula gede, ada shaf santri dan santriwati kan tapi ga ada penutup cuma dijarakin aja. Setelah tahajjud, semua kita pada baringan di atas sajadah sambil nunggu sahur. Tidur-tidur ayamlah istilahnya. WKWK. Tidur di atas sajadah pake mukenah is the best pokonya guys. Apalagi rame-rame bareng temen angkatan haha. Nice experience tho!

TAHUN KEDUA.

Nah di tahun kedua ini, ane udah kelas 11  nih. Ane udah agak naik jabatan, yaitu jadi panitia, sebagai anggota sekbid dokumentasi. Nah, enaknya jadi anggota adalah; kalian engga harus mikirin gimana konsep nya, siapa-siapa yang tugas di tiap susunan acara, udah gitu juga ga usah pusing-pusing mikirin slide bla bla bla. Kita tinggal terima tugas dari ketua (read: Kak Fatur akoh tercintah <3), kerjain ya udah selesai gitulo. Punya waktu banyak buat tidur nyenyak, buat mandi, barleha-leha. Pokonya paling asik jadi panitia, tapi kalau paling santai jadi peserta.  

TAHUN KETIGA.  

Tahun ketiga ini ane jadi ketua sekbid. As always, karena saya anaknya sangat suka dengan foto foto, jadi saya terpilih jadi ketua sekbid dokumentasi, selain karena ini adalah sekbid yang sangat saya kuasai lahir dan dalam sejak jadi anggota kak fatur akoh ekeke. Jujurly, capek banget. Banget banget pake banget. Karena aku harus mikirin konsep, bagi tugas ke anggota, handle kamera beserta baterai yang ready, belum lagi kalau ada masalah di bagian lightning ruangan. WKWKW capeklah capek. Mostly aku sering kerja sendiri, karena anggota ku kebanyakan cewe yang slay jadi geraknya ga digat gitu lho. Yaudahlah, aku aja yang kerjain. Meski pun akhirnya aku tumbang jugaaaa haha.

Setelah beberapa hari semua dokumentasi sudah ada, ntah video atau pun foto.

But hey, saya masih punya satu kerjaan lagi, yaitu slide peserta. Jadinya malem terakhir ane tinggal di aula bareng dea dan sisanya yang lain yang jaga aula adalah panitia cowo yang gahol alay. Dan kemudian kita asli ada beberapa orang ga tidur malem. Ane ngerjain slide tuh, kalau yang lain ditanya kenapa pada ga tidur jawabnya karena nemenin ane (read: dea, satria ama ricky helmi.) Kemudian kan, perkara orang ini bising kali karena berkaraoke, awak pun kebanyakan manyanyi. Alhasil tak siap juga slide ni sampe sahur.

Sampe lah sahur, adalah lagi muhasabah di aula dan abang mau ikut lah kan dek, taunya ya udah, slide bolum jugak siap sampe jam 8. Sesudah tu, adalah lagi pulak kumpul ketua sekbid ama ketua kan, pas abang mau balek ngerjain slide, tak taunya kakak instruktur agak manggil abang mintain foto, Sampe juga abang dua jam di dalam itu. Bolum siap juga ini slide. Acara udah mulai dan awak bolum mandi dan bolum ganti baju dari semalam. Perhatikan saja pas penutupan, cuma ane yang ga ganti baju seragam sekolah ketika semua panitia pake seragam putih abu-abu. Kemudian, pas penutupan jujur-sejujurnya pas kata sambutan, ane minjem bahu enok yang cuma tulang itu (ehehe) untu bersandar biar bisa tidur. Aih ngantuk kali abang pulak. Hingga akhirnya..... waktunya slide pun diputer. 

Pas awal-awal udah ada yang pada ketawa ane jadinya seneng... banyak yang terhibur sama slide ane.... kerja berapa malam ini tergantikan juga sama ketawa-ketawa audiences......... HAHAHAHAHA.

Jujur aja, sanlat yang paling keras yang sanlat di tahun ketiga ini, yang sekaligus juga sanlat yang paling berkesan.... walaupun ya sangat capek, tapi ane puas.... bisa ngerjain sendiri berdasaran kemampuan anea, bisa bikin banyak orang ketawa, bisa mandiri, bisa bertanggung jawab, bisa liat siapa-siapa aja temen ane yang memang ada pas ane kesusahan, siapa temen ane yang masih care dengan ane pinomat nanya "Chak gimana? Udah selesai slidenya?", itu aja udah bikin ane seneng masih ada juga yang care ama ane, udah gitu juga ane juga bisa kenal sama kakak-kakak instruktur lebih dekat lagi dan ane juga bisa tau arti kerja keras itu gimana, dan satu lagi, ane udah tau gimana cara ane ngepimpin, ane bukan tipe yang bisa marahin bawahan, paling ga bisa, ane mending diemin aja sampe sadar sendiri ya kalau ga sadar-sadar terserah lah hehehe...

Terimakasih buat semua yang sudah bekerja sama untuk mengerjakan program kerja kami.

Terimakasih buat siapapun yang udah nyempetin ngebaca postingan ini

Wassalamualaikum.

Kindly Regards,
Annisa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Burung Merah Marah?

ANGRY BIRDS? Aduh, siapa sih yang ngga tau angry birds zaman sekarang? KAMSEUPAY IYUH deh itu yang ngga tau angry birds itu apa. Oke, buat yang ngga tau aku bakalan nerangin apa sebenernya angry birds itu. Nah angry birds itu semacam game yang awalnya adanya cuma di gadget yang berlabel kan Apple. Permainannya itu semacam kaya maen ketapel gitu sambil nembakin babi. Iya babi! Ngape heran sih ah? -___- Tapi ada juga versi yang lain. Dia kaya nyusun-nyusun puzzle gitu lah~ Nah habis itu ada juga yang dia balapan gitu. Karakter nya ya para burung-burung aneh ini. Kan ngga mungkin ada sinchan .__. Tapi sekarang buat mainin permainan Angry Birds ini, bukan cuma di gadget cetakan apple aja kok yang bisa. Di facebook bisa, tinggal googling juga bisa, yang ketik reg itu juga bisa. Jenis permainannya juga pastinya makin banyak kan? Kenapa sih burung ini dinamain Angry Birds? Well well mungkin kebanyakan dari kamu kamu yang lagi baca artikel ketikan gue ini udah pada tau apa jawaban

Wise words~

LoL

Dakota Rose, Si Manusia Barbie!

Dakota Rose , cewe yang terobsesi banget jadi seorang tokoh kartun yang umumnya digemari banyak anak cewek. YUP! BARBIE! Remaja yang usianya 17 tahun ini emang beneran mirip sama boneka Barbie. Ia berasal dai Jepang. Well kan kalo dari Jepang sih biasanya matanya agak agak cipit gitu sih kan ya, tapi gak tau kenapa si Dakota yang satu ini sama sekali engga keliatan darah Asia Timur nya. Ga tau deh, mungkin operasi atau gimana urusan dia kali yah~ Nah ini dia blog nya dakota ~> http://kotakoti.com/ dan  buat channel di youtube, cari aja dakota rose pasti nemu kok channel nya. Username nya di twitter ~> @dakotakoti   Akunnya ini juga udah di centang biruin alias udah verified~ padahal followersnya belum juga nyampe 100rb. Dakota ini sih katanya engga punya facebook, tapi kalo kita searching pasti sih ada dong ye. Buat penggemarnya dakota di facebook, ada kok beberapa orang yang buat fanpage khusus penggemar dakota yang satu ini. Ya walau enggak official, kan setidaknya sesama